Tidur Siang Akan “Sempurna” Dengan Tips Ini Moms!

Posted on

Tidur siang dapat menjadi hal yang indah. Bahkan beberapa penelitian mengatakan bahwa dengan tidur siang teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung anda. Oleh karena itu, berikut adalah tips untuk mempunyai tidur siang yang sempurna.

Young businessman sleeping by his desk in office

1. Atur Alarm 20 Menit

alarm-clock

Bagi kebanyakan orang, waktu 20 sampai 25 menit adalah waktu tidur siang yang sempurna. Waktu tersebut cukup untuk membantu anda merefresh otak dan fisik anda tanpa harus tidur dengan waktu yang banyak. Mungkin terdengar bahwa waktu 20 sampai 25 menit adalah waktu yang singkat untuk tidur. Namun sebenarnya, itu adalah waktu yang cukup, kecuali anda memang kurang tidur karena banyaknya pekerjaan. Jika anda memang membutuhkan waktu lebih banyak untuk tidur siang, cobalah tidur siang dengan tracker tidur yang akan membangunkan anda dengan interval waktu tertentu.

2. Jadwalkan Tidur Siang Anda dari Pagi

Sama seperti dengan jadwal tidur anda pada malam hari, konsisten dengan waktu tidur siang sangat penting. Dengan tidur siang pada waktu yang sama setiap harinya, akan melatih tubuh anda untuk tahu kapan waktunya tidur siang.

3. Matikan Lampu 

turn-off

Anda mengetahui bahwa cahaya pada gadget, cahaya lampu atau cahaya matahari dapat mengganggu kualitas tidur anda. Karena ada beberapa orang memiliki sensitivitas pada cahaya yang berbeda. Menutup tirai jendela, mematikan lampu dan mematikan gadget adalah salah satu tips tidur siang berkualitas. Bahkan sekarang ada masker tidur yang digunakan untuk menutup mata anda saat tidur.

4. Matikan atau Kurangi Volume Suara

Semua orang tahu bahwa lingkungan yang riuh dan ramai dapat membuat anda terjaga dari tidur atau bahkan membangunkan tidur anda dipertengahan waktu.

5. Aromaterapi Lavender

lavender

Sebuah studi mengatakan bahwa perempuan dan laki-laki yang tidur dengan ditemani wangi lavender, mereka memiliki kualitas tidur yang baik dan saat bangun mereka akan merasa lebih segar. “Bau” adalah salah satu aroma yang akan mengikat memori kita diotak dengan erat. Jadi ambillah dari sisi positif dari itu untuk memiliki waktu tidur siang lebih baik

6. Gunakan Selimut

blanket

Ketika kita sedang tidur, maka metabolisme tubuh akan menurun, dan tingkat pernapasan akan melambat dan suhu tubuh juga akan mengalami penurunan sedikit. Meskipun tidak penting, anda akan merasa lebih nyaman jika tidur siang menggunakan selimut.

Dengan berbagai tips diatas, bisa menjadikan tidur siang kamu lebih berkualitas. Walaupun tidur siang itu sebaiknya jangan dilakukan untuk waktu yang lama. Maksudnya adalah tidur siang itu berbeda dengan tidur pada malam hari. Tidur siang itu membutuhkan waktu yang sebentar. Namun waktu yang sebentar itu haruslah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk beristirahat. Dengan tips diatas akan membantu anda menggunakan waktu istirahat anda yang hanya sebentar untuk mendapatkan tidur siang yang berkualitas. Dan disaat kamu bangun, kamu akan merasa lebih bersemangat.