Tips dan Trik Belanja Online

Posted on

Aktivitas yang padat dan pekerjaan yang menumpuk menyebabkan Anda tidak memiliki waktu luang, bahkan untuk membeli keperluan pribadi Anda sendiri. Bahkan ada sebuah studi mengatakan bahwa 70% wanita jaman sekarang lebih suka berbelanja online dengan alasan praktis.

Hanya dengan browsing, mencari yang cocok, ukuran dirasa sudah pas, order, lalu transfer, dan menunggu barang dikirim. Tapi apakah Anda sudah yakin bahwa toko online tersebut terpercaya? Dibawah ini ada beberapa tips dan trik bagi Anda yang mungkin ingin mencoba berbelanja online.

shop1
Foto copyright: expatliving.sg

Lakukan Pengecekan Terhadap Online Shop Yang Akan Anda Tuju

Tips ini harus Anda lakukan ketika Anda akan berbelanja online di situs atau Instagram online shop yang kurang familiar. Periksa nomor telepon atau contact person lainnya dan hubungi terlebih dahulu. Atau Anda bisa mengeceknya di Google, masukkan nama online shop tersebut, carilah ulasan dari konsumen mereka. Jika Anda menemukan ada yang tidak beres, tinggalkan online shop tersebut.

Aktif Bertanya Kepada Si Penjual

Aktif bertanya kepada penjual sangatlah penting. Apalagi Anda membelinya secara online, dengan kata lain Anda tidak melihat secara langsung wujud barang yang akan Anda beli. Anda harus bertanya sedetail mungkin kepada sang penjual dan jangan lupa screenshot lah hasil percakapan Anda tersebut. Hal ini untuk menghindari ketika barang sudah Anda terima dan ternyata berbeda keadaannya dengan yang Anda pesan ataupun saat si penjual mempromosikan.

Jangan Mudah Tergoda Dengan Harga Murah

Beberapa online shop berani memasang harga yang miring, nah.. Anda jangan mudah tergoda dengan penawaran murah ini. Bisa saja si penjual online memasang harga murah karena barang tersebut ada cacat bahkan sudah bekas. Teliti dahulu sebelum Anda memutuskan membeli dari online shop. Lebih baik membeli yang mahal tapi kualitasnya bagus.

shop2
Foto copyright: computing.co.uk

Pastikan Si Penjual Tidak Menunda Pengiriman

Setelah Anda memilih barang mana yang akan dipesan, Anda pasti akan diminta untuk membayarnya terlebih dahulu via transfer. Setelah itu barang akan dikirim keesokan harinya. Hal yang seperti ini yang perlu diwaspadai. Dewasa ini, sudah banyak kasus online shop yang menipu si pembeli. Setelah pembeli mentransfer sejumlah uang untuk membayar pesanannya, barang tak kunjung diterima. Anda harus memastikan barang tersebut akan dikirim hari apa dan berapa hari akan Anda terima. Jangan lupa untuk menyimpan bukti transfer Anda.

Cek Instagram dan Facebook Page Si Online Shop

Anda juga harus mengecek dengan teliti profil Instagramnya atau Facebook Page si online shop. Biasanya online shop yang terpercaya adalah yang menyertakan testimonial dari customer-customernya dan memiliki follower yang cukup banyak. Serta dia mengupdate foto-foto barang dagangannya itu lebih baik karena berarti online shop ini adalah online shop yang aktif.

Telitilah sebelum Anda memesan sesuatu via online shop. Jangan sampai Anda tertipu dengan menerima barang yang tidak sesuai dengan yang Anda lihat di Instagram atau yang lebih parahnya Anda tidak menerima barangnya sama sekali. Jelilah sebelum berbelanja ya…