Tips Memilih Baby Carrier yang Aman untuk Bayi

Posted on

Baby carrier atau lebih dikenal dengan gendongan bayi adalah salah satu dari pernak-pernik untuk si kecil. Gendongan bayi wajib dimiliki oleh seorang ibu. Yaitu, untuk meringankan beban saat menggendong bayi. Selain itu, juga berfungsi sebagai penopang bayi agar aman selama Mommy menggendongnya.

baby-carrier            Saat ini, gendongan bayi hadir dalam berbagai warna dan variasi model. Terkadang, Mommy membeli karena tertarik dengan warnanya yang cantik dan model yang unik. Eits…, Mommy perlu berhati-hati dalam memilih gendongan bayi, ya. Tidak semua gendongan bayi aman, lho.

Ada beberapa gendongan yang bisa menyebabkan kaki pegal, kesemutan, nyeri pundak, dan lain sebagainya. Karena, gendongan tidak sesuai dengan kriteria atau pada saat produksi tidak memperhatikan beberapa standar gendongan bayi yang aman dan baik. Sehingga, Mommy harus pandai-pandai dalam memilih baby carrier atau gendongan bayi.

Kriteria gendongan seperti apa yang yang harus Mommy perhatikan? Berikut ulasannya, Moms.

1. Aman dan Kuat untuk Bayi

gendongan amanKriteria yang pertama yaitu aman dan kuat. Gendongan yang aman akan bermanfaat untuk bayi dan Mommy tidak perlu khawatir bayi akan jatuh dan lain sebagainya. Berikut tips memilih gendongan yang aman:

  • Bahan yang digunakan lembut sehingga tidak menyebabkan kulit bayi Mommy lecet, alergi atau iritasi kulit.
  • Bisa meredam benturan.
  • Tali pengait sesuai dengan bentuk tubuh bayi agar ia nyaman berada dalam gendongan.
  • Dapat menopang bagian tubuh bayi dengan sempurna seperti bagian leher, kepala, dan pinggang.
  • Sesuaikan dengan berat tubuh bayi. Pilih gendongan yang mampu menopang berat tubuh bayi, jahitannya rapi, kuat, dan tidak mudah putus.
  • Pastikan gendongan memiliki 5 sabuk pengait yang diikatkan pada tubuh Mommy.

2. Sehat untuk Bayi

Semahal apa pun gendongan yang Mommy beli, akan sia-sia dan tidak baik untuk bayi jika tidak memenuhi kriteria sehat. Berikut kriteria gendongan yang sehat untuk bayi:

  • Memiliki tali penyangga yang tidak membuat Mommy dan si kecil nyeri dan pegal.
  • Memiliki sirkulasi yang baik.
  • Mudah dicuci.
  • Terbuat dari kain yang mudah menyerap keringat dan tidak panas saat digunakan.
  • Empuk sehingga bayi nyaman dalam gendongan.
  • Dilengkapi dengan lap atau saputangan untuk gumoh atau air liur bayi.

3. Simpel

gendongan-bayiSetiap orang pasti menginginkan sesuatu yang simpel atau mudah dipakai dan tidak ribet. Sehingga, saat anak Mommy sedang menangis Mommy bisa segera menenangkannya dengan menggunakan gendongan bayi. Kriteria gendongan yang simpel adalah sebagai berikut:

  • Mudah digunakan dan praktis.
  • Efektif dan efisien. Mudah saat memasukkan dan mengeluarkan bayi dari gendongan

4. Memperhatikan Warna dan Corak Kain

Tiga kriteria di atas yaitu, aman dan kuat, sehat dan simpel adalah kriteria wajib yang harus Mommy perhatikan saat membeli gendongan bayi. Jika Mommy termasuk orang yang modis dan menyukai fashion, perhatikanlah dalam memilih warna dan corak kain gendongan bayi. Selain untuk fashoin, ternyata juga bermanfaat untuk memberikan stimulus yang positif pada buah hati. Tidak ada salahnya memilih warna yang sesuai dengan keinginan Mommy. Karena, Mommy akan senang memakainya dan membuat Mommy bahagia saat menggondong bayi.

Agar gendongan bayi awet dan tahan lama, Mommy harus merawatnya dengan baik ya, Moms! Jika terkena noda segera cuci dan gosoklah noda perlahan dengan gerakan searah. Gunakan sikat gigi yang sudah tidak digunakan lagi dan jangan menggunakan sikat untuk baju. Karena, bisa merusak serat kain gendongan.

Ada juga Mommy yang menggendong bayi dengan menggunakan kain jarik. Selain bisa digunakan untuk menggendong juga bisa digunakan sebagai selimut. Pastikan ukuran panjang dan lebarnya agar nyaman dan aman saat digunakan. Pilih kain yang lembut dan tidak licin agar mudah digunakan.

Semoga, tips memilih baby carrier yang aman untuk bayi tadi bermanfaat untuk Mommy.