Tips Mengurangi Kebiasaan Makan Junk Food

Posted on

Seiring dengan perkembangan zaman, semua orang ingin semuanya serba instan. Seperti halnya dengan urusan makanan. Pengennya tidak ribet dan maunya serba praktis. Lebih mudah membeli makanan siap saji daripada harus memasak berjam-jam di dapur sendiri. Itulah gaya hidup zaman sekarang. Terkadang kita justru mengesampingkan masalah kesehatan karena bergesernya budaya dari makanan alami ke makanan yang instan.

junk-food

Es krim, hamburger, minuman bersoda, keripik, mie instan, pizza, permen, fastfood, bakso, mie ayam, milkshake, sayuran kaleng, dan makanan sejenisnya termasuk dalam daftar makanan junk food. Junk Food sering diistilahkan dengan makanan sampah. Yaitu, makanan yang mengandung nutrisi rendah atau sedikit sekali mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Junk Food memang makanan yang menggoda, lezat, mengutamakan rasa, dan bentuk yang indah.

Bagi Mommy yang sedang melakukan program diet makanan ini bisa mengganggu program diet yang sedang Mommy lakukan. Karena, makanan ini banyak mengandung garam, gula, lemak yang tinggi. Namun, sangat minim kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Efek Buruk Makanan Junk Food

Ada beberapa efek buruk mengonsumsi makanan junk food, antara lain:

  • Mengandung gula, lemak jenuh, sodium, dan zat aditif yang sangat tinggi.
  • Memiliki kandungan nutrisi yang rendah. Bagi Mommy yang sedang melakukan program diet, mengonsumsi makanan junk food justru menyebabkan tubuh cepat merasa lapar dan ingin makan terus.
  • Mengandung gula buatan yang kadarnya tinggi. Kadar gula yang tinggi akan mengakibatkan berbagai penyakit seperti diabetes, kerusakan gigi, dan obesitas.
  • Mengandung lemak jenuh yang bisa menyebabkan kolesterol. Kolesterol yang banyak pada tubuh bisa menyebabkan penyumbatan saluran darah dan oksigen pada tubuh. Selain itu, juga dapat mengakibatkan kanker usus, kanker payudara, menurunkan konsentrasi seseorang, dan emosi tidak stabil.

Mengurangi Kebiasaan Makan Junk Food

Mungkin akan sulit bagi sebagian orang untuk menghindari makanan junk food. Apalagi saat kita berada di luar rumah. Berikut ada tips untuk mengurangi kebiasaan makan junk food, yaitu:

1. Jangan Melupakan Sarapan

sarapan-pagi

Sebelum Mommy dan keluarga melakukan aktivitas sehari-hari, jangan melupakan sarapan pagi. Karena, sarapan pagi sangat penting bagi tubuh kita.

2. Biasakan Membawa Makanan dari Rumah

bekal-makanan

Makanan dari rumah lebih higienis dan sehat. Karena, Mommy yang memasaknya sendiri dan memilih bahan-bahannya. Mommy bisa membuatkan bekal ke sekolah untuk anak-anak dan bekal untuk suami saat bekerja.

3. Makan dengan Porsi Terkecil

Sulit sekali menghindari makanan junk food saat kita berada di luar rumah. Terutama memberikan pemahaman bagi anak-anak. Terkadang mereka malah menangis saat tidak dipenuhi keinginannya. Pada kondisi seperti ini, makanlah dengan porsi terkecil. Atau, saat Mommy membeli burger mintalah kepada pelayan agar porsi sayurannya ditambah.

4. Banyak Mengonsumsi Air putih

air-putih

Minuman bersoda termasuk dalam junk food. Oleh karena itu, biasakanlah minum dengan air putih. Air putih sangat baik bagi tubuh kita karena dapat membantu proses pembuangan racun pada tubuh.

5. Olaraga denganTeratur

Olahraga secara teratur dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Mommy dan keluarga bisa melakukannya di pagi hari seperti jalan santai atau lari-lari kecil mengelilingi halaman atau kompleks rumah.

Demikian tadi pembahasan seputar junk food dan tips mengurangi kebiasaan makan junk food. Semoga bermanfaat ya, Moms!