Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

Posted on

Mendapati bayi dan ibu yang sehat pasca melahirkan pastinya menjadi harapan setiap pasangan suami istri. Orangtua mana yang tidak menginginkan sang bayi tumbuh menjadi anak yang cerdas dan sehat. Untuk dapat mencapai itu, wanita hamil harus berusaha menjaga kesehatan kehamilannya, agar tumbuh kembang sang janin di dalam rahim berjalan dengan baik.

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

Perlunya menjaga kesehatan ibu hamil muda juga untuk menghindari masalah yang bisa saja terjadi pada proses melahirkan. Hampir sebagian wanita ingin melahirkan secara normal, dan pastinya berjalan dengan lancar. Ada beberapa hal yang harus diketahui dalam menjaga kesehatan kehamilan, berikut diantaranya:

Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi makanan bergizi

Pada saat seseorang tengah hamil, harus memenuhi gizi dan nutrisi yang diperlukan demi kesehatan ibu maupun janin. Perbanyaklah konsumsi makanan seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, susu atau olahan susu.

Olah Raga

Olahraga ibu hamil

Olah raga pada ibu hamil sendiri pastinya berbeda dibanding kan dengan orang-orang biasa. Ada olahraga khusus bagi ibu hamil, yaitu senam hamil. Senam ibu hamil dapat memperkuat otot dasar panggul, melatih pernapasan, meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlancar peredaran darah. Selain senam, ibu hamil bisa juga dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya. Yoga juga baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil muda, karena akan memberi efek relaks sehingga bisa mengurangi stres. Namun ada beberapa keadaan kehamilan yang mengharuskan bed rest total karena kehamilannya beresiko keguguran.

Istirahat yang Cukup

Sebagai ibu hamil, anda harus menjaga kondisi tubuh untuk tidak terlalu capek. Untuk itu jangan terlalu banyak melakukan aktifitas. Kondisi relaks sangat dibutuhkan ibu hamil untuk menghindari stres. Selain itu pada saat relaks dan tidur pada ibu hamil terjadi regenerasi sel di dalam tubuh. Hal ini terjadi karena pada saat hamil akan mengeluarkan energi berlebih untuk proses metabolisme. Sehingga di dalam tubuh akan ada proses pergantian sel-sel yang rusak, oleh karena itu ibu hamil harus beristirahat dengan cukup.

Namun perhatikan durasi yang baik untuk tidur, kira-kira 1 sampai 2 jam di siang hari dan 6 sampai 7 jam di malam hari. Saling berbagi suka duka antar suami istri sangat penting saat hamil agar dapat meminimalisir rasa cemas dan stres.

Periksa Kehamilan ke Dokter Secara Rutin

Periksa Kehamilan ke Dokter Secara Rutin

Melakukan pemeriksaan kehamilan berguna untuk mengetahui tentang perkembangan kehamilan anda. Dengan memeriksakan kehamilan, maka Anda akan tahu kondisi kesehatan anda dan janin yang ada di dalam rahim anda. Tentunya anda akan mendapat panduan khusus dari dokter, sehingga kehamilan akan lebih terjaga.

Menjaga Kebersihan Tangan

Diare pada wanita hamil karena ketika diare saluran cerna terinfeksi, badan menjadi lemah dan kekurangan cairan. Untuk menmghindarinya, cuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas dan sebelum makan. Perlu diketahui terkadang penyebab diare dari hal yang sepele.

Semoga informasi tips menjaga kesehatan ibu hamil muda di atas bisa bermanfaat.