Tips Mudah Merawat Laptop

Posted on

Laptop sudah bukan barang asing lagi. Mommy, suami, atau anak Mommy pasti menggunakannya. Baik untuk bekerja atau untuk anak Mommy mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Bagi sebagian orang, laptop adalah barang yang mahal sehingga mereka berhati-hati dalam menggunakan dan merawatnya.

Akan tetapi, bukan berarti bagi Mommy yang mampu untuk membelinya dalam jumlah yang banyak bisa sembarangan dalam memperlakukan barang ini.

Berikut ini beberapa tips mudah merawat laptop:

1. Jangan Sembarangan Mengunduh Software Gratis dari Internet.

Risiko terkenanya virus sangat besar sehingga bisa merusak laptop jika Mommy sembarangan menggunakan software dari internet. Namun, jika kondisinya mendesak harus mendownload maka jangan lupa melakukan scan atas software tersebut dengan antivirus yang Mommy miliki.

2. Jangan Menaruh Laptop di Lantai

Jangan sembarangan menaruh laptop di lantai. Karena, resiko terinjak orang, anak-anak atau binatang peliharaan (misalnya kucing) sangat besar. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian tertentu laptop. Selain itu laptop mudah kotor karena debu.

3. Gunakan Stabilizer Listrik

Jika sedang bekerja dengan laptop menggunakan listrik atau tanpa baterai atau karena baterai rusak, maka gunakanlah stabilizer listrik. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop.

4. Jangan Menaruh Benda di atas Laptop

Jangan menaruh benda di atas keyboard. Karena, akan merusak tuts-tuts pada keyboard dan risiko tergoresnya layar laptop.

5. Jangan Menaruh Laptop di atas Tempat yang Empuk

Hindari menaruh laptop pada sofa yang sangat empuk atau di atas kasur sehingga laptop terlihat agak tenggelam di sofa atau kasur. Hal ini akan menghambat keluarnya panas dari laptop dan menjadikan laptop mudah panas.

Jika hal ini sering terjadi, maka laptop akan mudah berdengung dan kipas di bawah keyboard akan berputar keras. Selain itu, Mommy bisa menggunakan kipas khusus untuk laptop saat Mommy menggunakan laptop untuk bekerja.

6. Gunakanlah Tas Khusus

Hati-hatilah ketika membawa laptop di dalam tas. Jangan menggunakan sembarang tas untuk membawa laptop Mommy. Gunakanlah tas khusus untuk laptop. Sehingga, benda-benda lain di dalam tas tidak menggores bagian-bagian tertentu dari laptop. Selain itu, jangan menaruh tas dalam posisi berdiri (laptop di tas posisi berdiri) setiba di tempat kerja. Taruhlah dengan posisi mendatar (posisi laptop ditutup)

7. Hindari Menaruh Makanan dan Minuman di Dekat Laptop

Hal ini akan berbahaya jika minuman Mommy mengenai laptop. Karena, ada bagian-bagian yang dari pabriknya dirakit menggunakan presisi robot.

8. Bawalah Laptop yang Rusak ke Service Center

Jika ada bagian laptop Mommy yang rusak, bawalah ke service center dari laptop Mommy. Hal ini untuk mengurangi resiko adanya bagian-bagian tertentu dari laptop Mommy yang tidak rusak diganti oleh tempat service laptop. Atau, Mommy bisa membawanya ke tempat service langganan Mommy dan bisa dipercaya.

Biasakan untuk merawat dan menggunakannya dengan baik barang-barang yang kita miliki. Ajarkan pula pada anak-anak untuk merawat dan menjaga barang-barang yang mereka miliki. Hal ini akan mencegah pengeluaran untuk service atau mengganti bagian-bagian laptob yang rusak hanya karena kecerobohan dari pemakainya.

Berikut tadi tips mudah merawat laptop. Semoga bermanfaat ya, Moms!