Vegetarian: Yay or Nay?

Posted on

Masih sedikit kawula muda yang memilih untuk menjadi vegetarian. Biasanya vegetarian dipilih oleh orang yang sudah berumur untuk menghindari berbagai penyakit. Faktanya, remaja sekitar 15 tahun sampai 17 tahun sudah bisa menjadi vegetarian, begitupun dewasa berusia 20 sampai 25 tahun. Karena pada usia dewasa tersebut rawan terkena kolesterol dan darah tinggi.

Banyak yang beranggapan juga bahwa jika ingin diet atau menurunkan berat badan, kita harus berhenti makan daging juga karbohidrat. Simak yuk fakta-fakta tentang menjadi seorang vegetarian, jadi Anda bisa memilih akankah Anda perlu menjadi vegetarian?

Membantu Menurunkan Kolestrol

Kolesterol memang banyak dikandung pada sumber makanan hewani, seperti seafood. Makanan yang berminyak juga mengandung banyak kolesterol lho. Menjadi vegetarian tentu menjauhkan Anda dari kolesterol.

vege3
copyright: punchbowlsocial.com

Menjaga Berat Badan

Menjadi seorang vegetarian akan membuat Anda lebih mudah untuk menjaga berat badan Anda. Anda tidak akan mudah gemuk karena Anda mengurangi atau sudah tidak lagi mengonsumsi sumber makanan hewani. Dan tentu saja sedikit resiko menjadi obesitas. Hal ini disebabkan oleh konsumsi makanan rendah kalori, seperti buah, kacang-kacangan, dan sayuran.

Potensial Kesehatan

Vegetarian tentu memiliki kesehatan yang cukup baik. Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya, seperti tekanan darah tinggi. Dan Anda pun memperpanjang hidup Anda. Diet vegetarian bisa membantu Anda untuk mencapai potensial kesehatan yang Anda inginkan.

Kekurangan Gizi

Menjadi vegetarian berarti Anda tidak memakan produk hewani apapun. Bagi orang berumur, hal ini tentu tidak menjadi masalah, karena mereka menjadi vegetarian untuk menjaga kesehatan dan menghindari berbagai penyakit. Bagi remaja, menjadi vegetarian dapat menyebabkan kekurangan asam lemak, omega 3, vitamin B12, kalsium, dan beberapa zat mineral lainnya. Kekurangan zat-zat tersebut bisa berdampak buruk pada kesehatan, contohnya anemia, tubuh lemas tanpa tenaga, dan rambut rontok.

vege2
copyright: punchbowlsocial.com

Menghambat Pertumbuhan

Bagi remaja, menjadi vegetarian justru akan menghambat pertumbuhan. Karena kekurangan protein hewani akan menghambat pertumbuhan Anda. Jadi bagi Anda yang masih remaja dan ingin mencoba menjadi vegetarian, sebaiknya jangan dulu karena tubuh Anda masih memerlukan zat-zat penting untuk memacu jalannya pertumbuhan.

Nah, setelah Anda membaca fakta-fakta tersebut diatas, menjadi seorang vegetarian tidak ada ruginya kok. Malah membuat Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Jika Anda belum sanggup, bisa diselingi makan karbohidrat atau daging seminggu satu atau dua kali. Jika Anda seorang remaja, pertimbangkan dulu ya akan menjadi vegetarian atau tidak, karena masa remaja adalah masa pertumbuhan.